Monday 15 May 2023

REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150

Review Honda ADV 150 yang menemani saya touring 750km dari JLS Malang Hingga Pacitan. Touring saya bagi menjadi 3 Hari, hari pertama Touring JLS Malang, hari kedua Touring JLS Blitar dan offroad, Hari ketida Touring JLS Tulungagung hingga Pacitan.

Motor ini sebenarnya adalah motor rental dari sebuah penyewaan motor di depan stasiun Malang. Awalnya mencari unit motor yang Touringable (Misalnya Xmax, biar tidak perlu adaptasi lagi sama motor yang di rumah). Tapi berhubung musim liburan tidak ada pilihan motor lagi kecuali ADV 150 ini.

Loh bagaimana ini? Motor sendiri Yamaha Xmax Connected belum di review malah mereview motor lain, motor rentalan pula? hehehe

Oke lanjut di pokok review. Dari rentalan lansung tancap gas menuju JLS Malang ke arah Blitar. Hari kedua langsung di ajak offroad di kawasan perhutani di Kab.Blitar sebelum akhirnya saya lanjut Ke JLS Blitar.
Perjalanan paling menguras tenaga yaitu mencoba JLS Tulungagung-Trenggalek hingga Pacitan (lewat Munjangan).
Dari perjalanan tersebut, impresi kekurangan dan kelebihan yang saya rasakan adalah.

KEKURANGAN:
1. Build Quality kurang oke, motor seharga 30 juta lebih tapi body plastiknya terasa sangat tipis, ditekan terasa mleot. Lalu bahan joknya kurang berkesan mewah, mudah mengkerut ketika buat duduk lama.
Sayang sih, harusnya bisa lebih dipehatikan Build Qualitynya, mengingat harganya yang tidak bisa dibilang murah.

2. Gredek masih terap terasa, terutama di rpm bawah. Ya mungkin karena unit rentalan ya jadi kurang memerhatikan perawatan.

3. Mesin underpowered. Buat touring ketemu jalan lurus panjang maintain speed 80-90kpj sudah membuat mesin meraung raung, bahkan getarannya terasa merambat sampe ke setang.

4. Ban bawaan semi adventure bukan untuk yang doyan rebah, terasa licin dan tidak pede cornering pake ban bawaan. Tapi ketika dibawa adventure trabasan, ban ini sangat membantu.

5. Posisi duduk yang canggung, posisi duduk lebih memang ke arah adventure dibandingkan touring. Untuk penggunaan touring di atas 100km baru terasa kurang nyaman, karena posisi kokpit yang sempit. Posisi handlebar cenderung mepet ke arah badan. Selain itu posisi kaki juga kurang fleksibel, jika ingin posisi kaki maju masih tetap terasa kurang relaks.

KELEBIHAN
1. Motor ini cukup ringan, nurut dan tidak butuh penyesuaian seperti Xmax saya. Hari pertama mencoba langsung terasa unsur fun to ridenya.

2. Rem standar pakem. Serius!! Sebagai pembanding rem Xmax saya buat late braking harus disertai dengan doa.

3. Kombinasi suspensi depan dan belakang Showa tabung ini sudah klop buat adventure. Walaupun shocknya ga bisa disetel bahkan untuk preloadnya. Tapi ketika dibawa masuk ke jalanan makadam atau jalanan tanah setup suspensi standar ini sangat membantu handling. Bantingan dan reboundnya terasa pas. Empuk buat adventure tapi tidak pernah terasa bottoming (as shock mentok)

KESIMPULAN
Motor ini keluar fun to ride-nya ketika dibawa ke tempat yang "seharusnya". Kondisi standar bawaan sudah cukup buat adventure. tidak perlu upgrade sektor akselerasi, apalagi kalau sampe upgrade ke ban aspal.
Kalau sampai kepingin banget upgrade mungkin kita yang salah pilih motor?


Review lengkap sudah saya ulas lengkap di Youtube


No comments:

Post a Comment