Sunday 25 October 2015

WL Toys Vortex A979 (4WD RC 1:18)

Sudah lama sebenarnya saya ingin membeli mobil remote control (RC). Tujuannya sih sederhana, supaya bisa ditempel GoPro dan bisa merekan aksi-aksi serunya ketika dimainkan. Tetapi agak sedikit lama terhambat di pemilihan RC dan izin dari Mamanya Lala. Hal yang terakhir ini yang membuat penundaan semakin berlarut-larut, karena menurutnya saya sudah terlalu banyak Mainan, hehehehe...

Untuk pemilihan RC saya tidak mau memilih RC kelas hobby serius dengan harga sampai jutaan. Range harga saya targetkan tidak sampai sejuta tapi masih di atas lima ratus ribuan, karena kalau di bawah lima ratus ribuan kebanyakan hanya mobil remote untuk anak-anak. Setelah beberapa browsing dan melihat-lihat toko mainan, akhirnya pilihan jatuh kepada WL Toys seri Vortex model A979.

Pemilihan ini didasari atas pertimbangan harga yang masuk di range, kualitas material yang terkesan kokoh walaupun sebagian besar dari plastik dan terdapat spare partsnya jika kita ingin upgrade atau servis. Selain itu, berdasarkan hasil browsing dan penjelasan toko-toko mainan, WL Toys seri ini sudah masuk kategori electronic proportional (propo) dengan harga yang terjangkau.

Sedikit pendahuluan mengenai RC WL Toys Vortex:

Specification :
Merk : WLToys 
Scale : 1:18 4WD
Vehicle Length: 245mm
Vehicle Width:175mm
Motor :390
Gross Weight for car:about 1.7KG
Transmitter frequency:2.4Gh
Battery Power: Lipo 7.4V
Control distance: more than 100m
Speed:45 - 50Km/H 
Type Servo:17g


Mobil RC full propo 4WD termurah saat ini
Untuk ESC dan receiver dibuat dalam satu box, sehingga jika mau ganti remote yang bukan bawaan, maka selain menambah receiver juga harus menambah ESC juga dan mau tidak mau servo harus ganti juga. Karena servo bawaan menggunakan 5 pin, berbeda dengan standard servo mobil RC yang lain yakni dengan 3 pin.
Dengan kendala tadi, jika mau upgrade atau merubah elektronik yang bukan bawaan pabrikan akan membutuhkan biaya yang lumayan.

Mobil ini dengan standard bawaan sudah sangat kencang, walau harga murah. Tapi tidak murahan karna struktur body mobil RC ini menggunakan bahan plastik yang cukup bagus dan elastis sehingga tidak mudah rusak atau patah.

Banyak juga yang nanya apa itu propo, karena kebanyakkan yang mencoba RC vortex ini pemain baru di mobil RC. Mungkin karena harganya yang gak terlalu jauh dari mobil RC jenis QD.

Perbedaan RC QD dengan RC EP (propo)

RC Quick Drive
RC quick drive atau yang biasa dikenal dengan RC QD merupakan RC yang mempunyai sistem yang terintegrasi menjadi satu, baik kontrol steering, kontrol pengerak maupun frekwensi remote semua terintegrasi menjadi satu modul. Biasanya RC jenis ini mengunakan 2 motor dalam 1 unit, motor yang pertama digunakan untuk sumber tenaga pengeraknya, sedangkan motor kedua digunakan untuk mengerakan sistem kemudi nya. Kontrol pada RC jenis ini sangat terbatas, hal ini disebabkan oleh karena pada RC jenis ini mengunakan metode On off switch. Misal nya , ketika kita menekan tombol untuk maju, maka modul akan memerintahkan motor untuk berputar ke depan dengan kemampuan maksimal, begitu juga pada steering nya, ketika kita menekan tombol untuk berputar ke kiri, maka modul akan memerintahkan motor untuk berputar ke kiri hingga ke titik maksimal tanpa dapat dikontrol sudut2 sesuai dengan keinginan kita. Jadi unttuk mobil RC QD kecepatan untuk maju maupun mundur tidak bisa diatur kecepatannya (Karena tidak menggunakan ESC, untuk penjelasan ESC baca pada bagian penjelasan RC propo), begitu juga dengan beloknya tidak bisa pula diatur banyak atau sedikitnya putaran ban mobil (karena tidak menggunakan servo, untuk penjelasan servo baca pada bagian penjelasan RC  propo)

RC EP (Elektronik Proportional)
Berbeda dengan RC QD, RC jenis ini memberikan kebebasan bagi pemiliknya untuk menentukan performa dari RC nya. Jadi kecepatan mobil untuk maju maupun mundur bisa diatur sesuai besar tekanan tombol gas dan begitu juga banyak atau sedikitnya putaran ban bisa diatur sesuai besaran memutar tombol beloknya. Hampir semua bagian dari RC ini dapat di personalisasikan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Secara garis besar RC jenis ini dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :


1. Kit 
Kit merupakan bagian utama dari hobby ini. Kit terdiri dari beberapa bagian yang menjadi satu kesatuan. Chasis dan kaki kaki merupakan bagian utama dari sebuah kit. Hampir semua bagian dari sebuah kit dapat di modifikasi sesuai dengan karakter pengemudi nya.

2. Elektronik

Elektronik merupakan bagian dari sebuah RC yang berhubungan dengan kelistrikan. ESC, motor,servo,baterai,transmiter [TX] atau remote serta receiver [RX] merupakan bagian dari elektronik yang menjadi syarat mutlak untuk sebuah RC agar dapat berjalan. 
2.1. ESC & motor ESC
[Electronic speed control] berfungsi sebagai pengatur arus listrik dari baterai ke motor elektrik sehingga motor tersebut dapat berputar sesuai dengan kecepatan yang kita inginkan. ESC terbagi menjadi 2 jenis penggerak motor yaitu brush dan brushless, bedanya kalo brushed itu motor yang berputar adalah kumparannya dan magnetnya statis, sedangkan brushless adalah motor yang berputar adalah magnetnya dan kumparannya statis cara membedakan esc brushed dan brushless: kalo brushed kabel untuk motor/dynamo hanya 2 dan maksimal hanya pake heatsink non fan, sedangkan brushless kabel untuk motor/dynamo ada 3 dan rata2 menggunakan heatsink+fan brushed:
2.2 Servo 

Servo dalam dunia RC biasanya digunakan sebagai pengerak steering ataupun sebagai pengatur throttle pada RC engine
2.3 Transmiter 

Transmiter/Remot biasanya merupakan unit yang digunakan oleh driver untuk mengontrol RC 
2.4 Receiver 
Receiver merupakan penerima signal dari sebuah transmitter yang diteruskan menjadi perintah kepada piranti elektronik lainnya agar dapat bekerja. 
(sumber)

Model-model WLToys Vortex

K929
Modelnya seperti jip speed offroad tubular, dengan frame tubular yang terekspos dan lengkap dengan model Driver dan Co-Driver yang berhelem. Sebenarnya suka dengan model ini tapi sayang di bagian belakang terdapat ban cadangan dummies yang menyatu dengan body, membuat tidak sedap dipandang mata.


A949
Model Rally Hatchback, sekilas mirip Ford Fiesta Rally, tapi sepertinya jarang ada di pasaran. Beberapa kali mampir ke toko mainan tidak pernah ketemu model ini.
(*update 27/10/2015: ternyata ada satu di toko mainan dekat rumah saya)

A959
Model Buggy, tampak sangar dan kokoh dengan Shockbreaker yang terbuka dan sayap belakang.
Awalnya mau ambil yang model ini tapi bodynya tidak cukup ruang untuk dudukan GoPro

A969
Model seperti jip pada speed offroad. Saya pribadi kurang sreg dengan komposisi bodynya yang terlalu lebar dan bannya agak kecil di dalam fendernya.

A979
Model Monster Truck. Saya menjatuhkan pilihan pada model ini. Selain tetap terlihat sangar, proporsi antara body dan ban sangat pas, juga bisa dipasang dudukan GoPro di atasnya.


Review Singkat
Setelah sampai rumah, kegiatan unboxing pun dimulai. Terlihat walaupun rangkanya terbuat dari plastik, tapi cukup kokoh. Yang terbuat dari logam hanyalah drive shaft (batang penggerak dari gardan ke masing-masing roda), Per dan Batang Shokbreaker. Komponen kaki-kaki, kopel 4WD dan gearboxnya masih terbuat dari plastik. Mengingat RC ini cukup kencang, jadi sebaiknya mainnya agak sedikit menahan diri agar RCnya awet. Perlu diperhatikan bagi yang suka membuat lompat-lompatan pakai RC ini, jika dilihat swing arm depan (dan belakang) di baut ke bumper. Jika bumpernya pecah maka tamat sudah.


Saat dicoba tes jalan, memang mobil ini terbilang cukup cepat, saking cepatnya jadi agak susah untuk dikendalikan, mungkin karena wheelbasenya yang agak pendek. Power yang dihasilkan dari motornya cukup besar, sering terlihat RC ini hampir jomplang ke belakang, untung terbantu sistem 4WD sehingga tidak sampai jomplang ke belakang. Saya mencoba di trek dirt jump Hutan UI, susah sekali mengendalikan agar tetap lurus dan melompat di jumpingannya.
Daya tahan baterenya sekitar 10-15 menit jika dimainkan secara non-stop. Tapi sebaiknya jika ingin awet, jangan dimainkan non-stop, karena komponen gear dan kopel gardannya hanya terbuat dari plastik. Belum lagi jika dipegang motornya berasa sangat panas, walaupun sudah terbantu dengan adanya heatsink di body motornya.

Berikut sedikit video hasil tes beberapa hari lalu:






15 comments:

  1. Mantab sekali Gan reviewnya..... Topmarkotop dach

    ReplyDelete
  2. mau tanya nih, beda nya yg A959 sama L959 apa yah? biar gak salah beli, trimakasih

    ReplyDelete
  3. Gan sya mw nanya,,
    Knapa harga rc ny berbeda2 dengan mpdel yang sama,,
    Apakah ad produk ori dan tidak ori nya,,?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Buat group atau komunitas RC Car 1/18 yuk. Supaya pengetahuan dan ketrampilan meningkat nih.

    ReplyDelete
  6. Gan mo nanya nih emg utk a595 dinamonya g bisa d upgrade pake merk lain ya,
    Biar bisa pake aga lama gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk bisa dipake agak lama apa ga sebaiknya upgrade batere ke kapasitas yg lebih besar aja?

      Delete
  7. Mau tanya gan kalo fungsi tombol th trim dan st trim buat apa ya gan kalo st trim kan buat seting ban kal th trim nya buat apa ya gan..
    Ane liat posting agan ane udah beli wl a979 blue.. Heeee..

    ReplyDelete
  8. Mau tanya gan kalo fungsi tombol th trim dan st trim buat apa ya gan kalo st trim kan buat seting ban kal th trim nya buat apa ya gan..
    Ane liat posting agan ane udah beli wl a979 blue.. Heeee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mainan barunya..
      Kalo ga salah itu untuk ngetrim motornya, mau agak sedikit maju atau mundur

      Delete
  9. Gan, brgkali tau beda WLtoys A979 dan A979-B?

    ReplyDelete
  10. mau nanya nihh... si rc ini tahan air gak???

    ReplyDelete
  11. Mau tanya mobil saya wl k929 baru pake ga bisa mundur nya kira2 ap nya ya tolong dong pencerahan nya

    ReplyDelete
  12. ada yang mau beli wltoys a959 a nggak ya ?
    aq punya tapi udah lama nggak aq pakai,barangkali ada yang minat mau aq jual murah meriah 400ribu aja,kondisi mesin belum oprek (masih standart) fungsi semua normal cuma agak kotor dikit aja

    ReplyDelete