Monday 12 October 2015

Proses Klaim Gopro Melalui Website Gopro (Bagian 1)

Baru sadar belakangan ini ternyata ada sedikit keretakkan di body bagian depan Gopro saya. Tepatnya di atas lensa. Walaupun tidak berpengaruh kepada performa kamera secara keseluruhan, tapi hal ini menganggu secara kosmetik, alias tidak nyaman untuk dilihat.


Beruntung saya masih dalam masa garansi satu tahun. Mumpung masih dalam masa garansi, walaupun sudah hampir habis masa garansinya. Saya mencoba komunikasi dengan toko resmi tempat saya membelinya namun hasilnya negatif. Ternyata keretakkan seperti ini tidak dapat tercover garansi karena mungkin dianggap sebagai kesalahan penggunaan.

Lalu setelah beberapa kali googling, ada juga kasus yang sama dan berhasil di klaim melalui websitenya langsung, tapi saya lupa link referensinya jadinya tidak bisa saya cantumkan di blog ini. Tidak ada salahnya mencoba, saya langsung klik websitenya tersebut. Oiya, pastikan struk asli pembelian masih tersimpan, sebagai antisipasi untuk klaim garansi apabila ada keluhan.

Berikut tahapan proses klaim melalui website Gopro, berdasarkan pengalaman pribadi saya:

1. Klik ke website http://gopro.com/help
Masuk ke link tersebut dan isi keterangan sesuai data diri, kamera yang dimiliki dan kendalanya. Pastikan email kita aktif selama proses klaim garansi, karena nanti komunikasi dengan pihak Gopro lanjut melalui email.



Pada bagian subject beri judul problemnya, lalu di bawahnya diberi deskripsi yang lengkap mengenai permasalahannya.

2. Komunikasi via Email
Kurang lebih 2-3 hari kerja biasanya kita mendapatkan balasan dari staff Gopronya (bukan auto generated email). Untuk kasus tertentu biasanya staff Gopro akan memberikan troubleshooting via email, biasanya kasus yang berkaitan dengan firmware. Namun pada kasus body retak tentu tidak bisa di-troubleshoot, harus ditangani langsung. Pada kasus saya, staff Gopro meminta foto secara jelas kondisi retak pada Gopronya dan juga meminta foto kwitansi atau nota pembelian pada saat pembelian Gopro.

Berikutnya kita tinggal ikuti saja petunjuk-petunjuk yang mereka berikan. Pada tahap awal saya mengirimkan foto posisi retaknya, foto nota pembelian, foto serial number dan juga mengisi form update alamat pada link dan body email.

3. Terima Form RMA (Return Material Authorization)
Keesokkan harinya saya menerima Form RMA di email terpisah. Itu berarti pengajuan klaim sudah diterima oleh pihak Gopro. Langkah berikutnya adalah kita tinggal print form tersebut dan dimasukkan ke dalam kemasan berisi Gopro yang akan diklaim.




Harap diingat bahwa dalam kemasan Gopro yang akan dikirim hanya unit kameranya saja, tanpa housing, baterai, SD card dan aksesoris lain (kecuali disebutkan lain di emailnya, tetapi selama mereka minta hanya unit kameranya saja, berarti ya kirim saja unit kameranya).
Oleh karena Gopro dikirim tanpa housing, pastikan kita mengemas kameranya dengan kemasan yang rapih dan aman. Saya membungkus kamera dalam sebuah plastik rapat, lalu saya bungkus busa, dimasukkan dalam kardus (tidak lupa form RMAnya dimasukkan juga), dilakban yang rapat, lalu saya bungkus busa lagi. Saya tidak mau terkena resiko pengiriman yang dapat menambah titik rusaknya.


4. Submit Form UPS dan Pengambilan Paket oleh UPS
Gopro bekerjasama dengan UPS sebagai rekanan pengiriman barang kembali ke pihak Gopro. Asyiknya lagi, seluruh pengiriman barang dari tangan saya sampai nanti kembali lagi ke tangan saya ditanggung sepenuhnya oleh pihak Gopro. Bahkan saya tidak perlu repot-repot ke kantor perwakilan UPS di bandara Halim Perdanakusuma, paket yang telah saya bungkus rapih ternyata dijemput oleh kurirnya. Tapi jangan bingung jika nanti yang datang menjemput ke rumah kita bukan kurir UPS tapi kurir JNE, sebab UPS dan JNE sudah melakukan kerjasama, dan kita sama sekali tidak dibebankan biaya.
Hal yang harus kita lakukan setelah menerima Form RMA supaya bisa diproses gratis oleh UPS adalah sebagai berikut:

a. Cek Email lain dari Gopro support yang berisi Link UPS Support. Email tersebut terpisah dari komunikasi dengan staff Gopro sebelumnya, jika sudah ketemu, klik Link tersebut.

b. Link tersebut merujuk ke web UPS untuk mengisi form alamat lengkap pengambilan dan nomor RMA. Isi setiap kolomnya dengan jelas dan detil. Oiya untuk kolom provinsi, isikan dengan 2 huruf yang representatif. Jika kita mengisi provinsi dengan lengkap kita malah tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya, jadi cukup isikan 2 huruf saja. Hal ini dikarenakan provinsi di Amerika Serikat menggunkan 2 hurus sebagai inisial provinsinya.
Saya sendiri mengisi kolom provinsi dengan tulisan WJ (West Java).
Setelah selaesai mengisi, kita akan menerima email dari UPS yang berisi lampiran invoice elektronik dan link untuk label.

c. Setelah kita menerima email tersebut, silakan klik beberapa link dan print lampirannya.
Kedua link label dan lampiran elektronik invoice tersebut harap diprint untuk kemudian ditempel pada kemasan paket yang akan diambil kurir. Untuk kolom provinsi sebagaimana disebut di point sebelumnya, nantinya secara otomatis tercetak sesuai yang kita isi sebelumnya pada label invoice dan label elektroniknya. Saya menambahkan sendiri pakai tulisan tangan di sebelah inisialnya, jadi misalnya tadi saya sebutkan inisialnya WJ, lalu di sebelahnya saya tambahkan West Java pakai tulisan tangan.
Untuk dokumentasi kita, sebaiknya discan atau photo elektronik label yang sudah kita cetak tadi. Nantinya akan diminta oleh pihak UPSnya.

d. Jika sudah mencetak invoice dan label elektroniknya. Klik Website UPS Indonesia pada bagian contact us. Masukkan nama, email dan pilih kategorinya (bisa sending package atau general), lalu klik next. Bilang saja (pada intinya) kalau kita sedang mengajukan proses klaim garansi ke Gopro dan kita sudah menerima nomor RMA dan invoice elektroniknya.
Tidak beberapa lama kita pasti dihubungi via email oleh staff UPS, meminta elektronik label dan invoicenya. Balas email tersebut dengan melampirkan elektronik label dan invoicenya.

Setelah elektronik label dan invoice diterima, kita akan menerima email balasan yang akan menyebutkan kapan barang akan dijemput. Biasanya ada instruksi untuk menempelkan elektronik label dan invoice di kemasannya.

e. Pada hari yang sudah dijadwalkan, saya ditelfon oleh pihak JNE untuk proses penjemputan barang.
Pastikan kurir JNE yang menjemput mengeluarkan nota tanda terima. Jika barang sudah dijemput oleh pihak JNE berarti proses pengajuan klaim di tangan konsumen sudah selesai.
Kita tinggal menunggu barang tersebut sampai di kantor Gopro untuk ditukar unit baru dan dikirimkan kembali ke kita.

Semua proses tersebut di atas gratis, tidak keluar biaya sedikit pun. Karena semua biaya telah ditanggung oleh Gopro.


Demikian proses dan tips dari saya untuk melakukan klaim melalui website Gopro.
Semoga dapat bermanfaat,

Salam

27 comments:

  1. Tulisannya bagus dan membantu. semoga ada pencerahan untuk pemilik gopro yang mendapat masalah tidak bisa klaim garansi di tokonya dan distributor indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Reza udah mampir dan membaca tipsnya. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya.

      Salam

      Delete
  2. halo mas galih, kalau kasus nya Hero 4 Black tsb barang hadiah, bagaimana cara menunjukan kuitansi pembelian barang ? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terimakasih sudah mampir dan membaca blog saya.
      Hmmm, kalau barang hadiah coba hubungi si pemberi hadiahnya, mudah-mudahan dia masih simpan nota dan bisa dipinjamkan.
      Tapi sebaiknya tetap konsul ke web supportnya.

      Delete
  3. saya juga mengalami keretakan sama persis dengan anda, bagaimana jika garansi saya sudah habis, apakah ada solusinya? atau apa ada rekomendasi tempat service di Surabaya ataupun tempat yang menjual part dari case gopro yang retak tersebut? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo terima kasih sudah mampir ke blog saya. Untuk garansi yang sudah habis saya kurang tahu, soalnya setau saya untuk produk bermasalah biasanya langsung penggantian unit (selama masa garansi) bukan servis atau ganti spare part. Coba contact gopro support di webnya, biasanya mereka akan respon dam kasih solusi. Atau coba iseng tanya toko penjualnya, siapa tau bisa bantu

      Delete
  4. Berapa lama proses garansinya sampai kembali ke tangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terimakasih sudah mampir ke blog saya. Prosesnya relatif cepat kurang lebih sekitar 2 mingguan.

      Delete
  5. mas saya jga lgi klaim, sudah mau dikirim mas. mau tanya mas, yg di tempel di boxnya apa aja ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, terima kasih sudah mampir di blog saya.
      yang di tempel electronic label yang sudah di print mas

      Delete
    2. Mas galih boleh minta id line nya ??

      Delete
    3. Waduh mohon maaf saya udah lama ga pakai line

      Delete
    4. Ada WA mas, mau minta pencerahan nih tentang klaim

      Delete
    5. Saya kurang nyaman mempublish nomor hp saya di blog. Kalau Mau tinggalkan nomor WA nya di email saya: galihleo@gmail.com nanti saya WA. Terimakasih

      Delete
  6. Ini bener2 kasih pencerahan ketika gopro saya bermasalah dibagian hardware (wifi) nya, padahal seller yg menjual di toped kaya cuci tangan gitu. Untung saya browsing2 dan nemuin web si agan di kaskus tentang gopro, langsung saya ikutin step2nya. Sekarang posisi lagi menunggu email UPS. Mudah2an lancar seperti pengalaman si agan. Sekali lagi tengkyu banget pokoknya, sangat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa membantu... semoga lancar prosesnya

      Delete
  7. Terima kasih atas pencerahannya, saya ingin menanyakan untuk invoice UPS yang telah tercetak , apa kita bisa print invoice lagi ya ? karena ada data yang salah .

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya masih bisa, diulang lagi aja proses input datanya di link ups tersebut.
      Kemarin saya juga sempat salah input nomor rumah, padahal udah tercetak. Tapi saya ulang lagi dan print lagi dengan versi revisi tidak masalah..

      Delete
  8. Informasinya bagus, saya udah nyoba ternyata emang dapet baterai baru juga. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih komentar nya, senang bisa membantu

      Delete
  9. Mas galih ini beli di ddealer resminya kah? Kalo misal kita beli bukan di dealer resminya dan ingin klaim garansi gimana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beli memang di dealer resmi, tapi sayangnya dealer resminya tidak dapat membantu klaim, jadinya saya langsung hubungi websuportnya gopro.

      Untuk beli diluar dealer resmi saya rasa bisa klaim di websuportnya, yang penting nota asli nya ada.

      Delete
  10. Nanya gan, artikel yang agan tulis itu garansi nasional apa internasional? Go pro 5 ane juga bermasalah (garansi indogp), lensa bagian depan agak renggang usai jatuh tapi masih bisa dipakai seperti biasanya. Takutnya nanti pas kena air, masuklah airnya kedalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garansi Resmi Nasional sebenarnya dan resmi (Indogp). Tapi ngeles aja ketika mau diklaim, akhirnya langsung klaim via website aja... saran, jika memang gopronya asli dan serial numbernya terdaftar, langsung aja klaim ke website.
      Beli garansi internasional pun lebih masuk akal karena lebih murah beberapa juta daripada yang garansi resmi indo

      Delete
  11. Window Surface Pro 5 nyala tapi berhenti tida bergerak di logo Window
    http://zapplerepair.com/cara-cek-performa-battery-Window-Surface-Book.html

    ReplyDelete
  12. saya juga pernah clain seperti ini mas, memang prosesnya sedikit berbelit, tapi prosesnya lancar

    Pengertian Litografi

    ReplyDelete
  13. Untuk Anda para Pecinta Judi Online, Mari segera bergabung bersama kami, S128Cash Bandar Betting Online Terbaik Sepanjang Masa !!
    Kami siap memberi pelayanan Terbaik 24 jam 7 hari NONSTOP !! Dengan memiliki Customer Service Terbaik, Ramah dan PROFESIONAL. Kami yakin Anda akan merasakan Kenyamanan dan Kepuasan yang sesungguhnya jika bergabung bersama kami.
    S128Cash menyediakan semua permainan FAIR PLAY yang Populer saat ini, seperti :
    - Sportsbook
    - Live Casino
    - Sabung Ayam Online
    - IDN Poker
    - Slot Games Online
    - Tembak Ikan Online
    - Klik4D

    Berikut HOT PROMO S128Cash :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Jadi segera daftar diri Anda dan raih kemenangan Anda bersama kami.
    Hubungi kami :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.biz

    Judi Bola

    Daftar Judi Bola

    ReplyDelete