Thursday 1 October 2015

Game-game gratis di playstation 4 (bagian 1)

Saya baru ingat, selain bersepeda dan jalan-jalan saya juga mempunyai hobby lain yang tidak kalah seru, yaitu bermain video game. Bermain video game menjadi salah satu kegemaran saya sejak SD. Waktu itu saya memulai dari sebuah console Nintendo, lalu Sega Mega Drive dan Playstation pada masa SMP-SMA. Pada saat kuliah hingga bekerja saya berpindah haluan dari console ke PC Games sampai akhirnya pada saat menikah saya kembali lagi ke console Xbox 360 dan Playstation 4 pada saat ini.

Dengan segala fitur dan kelebihan yang dimiliki Playstation 4 (PS4), bermain PS4 tentunya sangat menyenangkan. Apalagi saat ini banyak game-game dengan gameplay yang mengasyikkan dan gambar yang memukau. Tetapi game-game tersebut memiliki harga yang relatif tidak murah (rata-rata untuk game baru release harganya antara Rp. 600.000 hingga lebih dari Rp. 1.000.000), apalagi bagi seorang ayah dan kepala keluarga seperti saya ini. Sebelum membeli game harus didahului oleh pertimbangan-pertimbangan lain, tidak bisa serta merta lihat-suka-dan beli (bisa-bisa saya dipelototi mamanya anak saya).

Tetapi ternyata cukup banyak juga game-game gratis yang tersedia di Playstation Store, yang rupanya sudah hampir 1 tahun saya punya PS4 tapi baru saya tahu baru-baru ini. Untuk dapat mendownload dan mengakses game-game gratis di PS4 ini pastikan kita punya akun PSN Plus (karena beberapa game gratisan ini ada yang bisa online). Walaupun ternyata judulnya tapi pada kenyataannya ada juga yang harus kita beli dalam game supaya kita bisa memainkan fitur dalam gamenya.

Untuk mencari game-game gratisan di Playstation Store sangatlah mudah, kita cukup ke menu di Playstation Store , pilih menu Games & Add One, lalu pilih Free To Play. Ada berbagai macam game yang bisa dipilih untuk di download. Ukuran filenya pun bermacam-macam, tapi yang pasti bisa lebih dari 1 atau 2 giga (walaupun di info awal hanya disebutkan sekitar 300an mega misalnya, tapi pada saat di download file update yang diatas 1 giga ikut terdownload juga). Jadi pastikan koneksi internet kencang dan stabil pada saat mendownloadnya.



Berikut adalah game-game gratis di PS4 yang paling mengasyikkan versi saya (setidaknya yang sudah saya install):



1. War Thunder

Ukuran file download awal sekitar 7 giga, dan pada saat terinstall 13 giga. Game ini merupakan game multiplayer online dan lintas platform (PS4, PC, Mac, Linux). Game dengan latar belakang kendaraan tempur (Pesawat dan Tank saja) perang kedua ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kejadian sejarah pada perang dunia, walaupun detil lokasinya nyata. Karena kita bebas menggunakan pesawat atau tank dari negara mana saja dalam satu peperangan. Saya sering satu tim dengan pesawat Inggris atau Amerika padahal saya dari Tim Jerman. Mode peperangan onlinenya cukup sederhana, capture point atau bomb basis musuh.

Saya sendiri paling suka memainkan mode pesawatnya, ada banyak pesawat yang bisa kita pilih dan upgrade. Yang paling mengasyikkan adalah fitur test drive pada setiap kendaraannya, walaupun kita belum bisa memiliki kendaraan tersebut.






Kualitas gambar pada game ini masih tergolong biasa saja, yaa namanya juga game gratisan. Tapi walaupun gratisan, sangat layak untuk di download dan dimainkan.


2. Driveclub

Game balapan multiplayer online ini mempunyai file awal sebesar 17 giga dan setelah terinstal lengkap dengan updatenya menjadi 27 giga di sistem. Game ini walaupun pada awal download gratis untuk PSN Plus member, tapi pada kenyataannya kalau kita ingin ikut event harus Upgrade ke yang versi berbayar. Menu balapan dan kendaraan yang bisa dipilih sebagai pengguna gratisan sangat terbatas, paling gampang sih tinggal pilih random event saja, di situ kita bisa langsung main tanpa harus bingung memilih mana event yang untuk berbayar dan mana yang untuk gratisannya.
Sebenarnya untuk yang versi gratisan juga ada balapan multiplayernya, tapi saya selalu tidak berhasil ikutan, karena tidak ada peserta lain yang ikutan, hehehehe....

Kualitas gambar dan gameplay pada game ini cukup realistis, saya yang terbiasa balapan online di GTA V sangat kesusahan dalam mengendalikan mobilnya.

3. Grow Home



Ukuran file download game ini tidak terlalu besar, kalau tidak salah tidak sampai 500 mega dan hanya menjadi 800an mega di sistem. Game platform petualangan ini menceritakan tentang BUD, robot yang bertugas untuk menanam tumbuhan di sebuah planet asing.
Saya sendiri pun belum jauh memainkan game ini hanya mencoba di awal dan lompat-lompat saja.
Dan setelah saya lihat referensi lain, ternyata game ini hanya gratis pada september lalu saja, selebihnya tidak ada di menu game Free To Play.


4. Xeodrifter
Sebuah minigame untuk PS4, filenya kurang dari 50mb. Game shooting 8bit ala Nintendo jaman dahulu.
Tidak terlalu asyik dimainkan, cenderung membosankan.

5. Knight of Valour
Merupakan side scrolling action game, mengingatkan kita pada game-game petualangan action pada console-console generasi awal dimana game dunia game hanya dapat kita jelajah memanjang ke samping. Game ini pun juga begitu, kita hanya berjalan terus ke kanan berhadapan dengan para musuh dan raja-rajanya.
Cukup mengasyikkan memang, tapi sayang, menunya dalam bahasa Mandarin.

*****
Demikian informasi mengenai game-game gratisan di PS4 saya. Saat ini saya sedang update beberapa game gratisan lain, mengingat ukurannya cukup besar, mungkin download akan saya tinggal tidur dan baru bisa saya mainkan beberapa hari setelahnya.

Akan saya update game-game tersebut di tulisan saya berikutnya.

Salam


No comments:

Post a Comment